Metode SCHEMA

(Standardized Checklist of Essential Material)

Apa itu Metode SCHEMA?

Standardized Checklist of Essential Materials (SCHEMA) atau Standardisasi Checklist Materi Esensial adalah Metode Les Privat yang diciptakan oleh INSAN Cerdas untuk menjaga agar kegiatan les privat bisa fokus pada materi2 yg penting utk dikuasai murid.

Metode SCHEMA merupakan bagian dari Quality Control System di Les Privat Insan Cerdas dari segi kualitas penyampaian materi pada pertemuan les privat. Laporan dikirim setiap bulan dalam bentuk SCHEMA Report dan dapat diakses online kapan saja dan dimana saja.

Materi Esensial adalah materi yang penting, utama dan pokok yang harus dikuasai dan tidak dapat diabaikan.

Dasar identifikasi Materi Esensial di Insan Cerdas adalah kurikulum (Standar isi Silabus Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016), Standar Kompetensi Lulusan (SKL), dan modus soal dalam ujian-ujian sebelumnya.

Metode SCHEMA adalah Metode Les Privat yang diciptakan oleh INSAN Cerdas untuk menjaga agar kegiatan les privat bisa fokus pada materi2 yg penting utk dikuasai murid. Anak terkadang (bahkan seringkali) sungkan untuk bertanya semua hal tentang kesulitan belajar yang dialaminya di sekolah. Akibatnya tidak semua materi pelajaran dapat dipahami dengan baik

Mengapa Perlu Ada Checklist Materi Esensial?

KEBUTUHAN FLEKSIBILITAS

Proses les privat bersifat flexible menyesuaikan pelajaran di sekolah. Tutor Les Private harus mengakomodir permintaan murid jika murid menginginkan pembahasan materi yg blm dipahaminya. Namun, tdk semua murid mengetahui apa saja materi esensial yg perlu dipahaminya krn terkadang murid hanya berkutat pada kebutuhan menyelesaikan tugas/PR di sekolah yg minta dibahas pada pertemuan les privat. Hal ini berisiko terdapat materi esensial yg pada akhirnya menjadi tdk sempat dibahas pada pertemuan les privat akibat banyaknya permintaan pembahasan yg tdk fokus pada materi esensial. Akibatnya nilai akhir anak berisiko menjadi kurang memuaskan.


MEKANISME UJIAN UNIVERSAL

Materi esensial bersifat universal bagi semua sekolah yg menggunakan kurikulum yg sama. Hal inilah yg memungkinkan diberlakukannya Ujian Nasional SD, SMP dan SMA, Ujian SBMPTN dan Ujian SIMAK UI, bahkan ujian internasional seperti IB School.
Oleh karena itu, apapun sekolah murid, murid harus memahami semua materi esensial karena pada akhirnya ujian yg dihadapi sifatnya bersifat universal, tdk bergantung pd ujian atau tes di sekolah saja.

PANDUAN GURU

Tidak semua guru memiliki kemampuan utk membuat perencanaan yg matang mengenai rencana pembelajaran selama proses les privat. Checklist Materi Esensial membantu guru utk fokus pada pembahasan seluruh materi esensial yg penting dipahami anak.


EVALUASI DAN KONTROL

Checklist Materi Esensial menjadi penting sebagai tools dalam mengukur efektivitas kegiatan les privat. Hal ini penting untuk evaluasi dan kontrol untuk mencegah hasil akhir anak yg tidak memuaskan. Evaluasi dan kontrol dilakukan setiap bulan selama program les privat berlangsung.