Les Privat Insan

Font Size

Layout

Menu Style

Cpanel

7 Strategi Agar Murid Dapat Mengingat Pelajaran

Anak tidak hanya mudah hafal tetapi juga mudah lupa pelajaran? Simak 7 Strategi Mengingat Pelajaran berikut ini!

 Reach – Libatkan murid dalam dalam proses pembelajaran. Metode yang dapat digunakan yaitu Discovery learning, Inquiry Learning, dan Problem-based learning.

  • Discovery learning adalah metode mengajar yang mengatur pengajaran sedemikian rupa sehingga anak memperoleh pengetahuan yang sebelumnya belum diketahuinya itu bukan melalui pemberitahuan, melainkan ditemukan sendiri.
  • Inquiry Learning adalah proses pembelajaran dibangun atas pertanyaan-pertanyaan yang yang diajukan siswa sehingga para siswa didorong untuk berkolaborasi untuk memecahkan masalah, dan bukannya sekedar menerima instruksi langsung dari gurunya.  Penting juga bagi guru untuk mempertimbangkan perhatian, motivasi, gaya belajar dan emosi.
  • Problem Based Learning (PBL) adalah suatu model pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berpikir kirtis dan keterampilan memecahkan masalah serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran.

Reflect – Berikan kesempatan kepada murid untuk menghubungkan sesuatu yang baru diberikan oleh guru dengan pemahaman yang sudah ada dalam dirinya.

Recode -  Berikan kesempatan pada anak untuk mengadaptasikan pengetahuan yang baru dalam pemahaman murid secara penuh,  mungkin secara visual, pemahaman abstrak, ide-ide dll. Dengan cara ini pengetahuan yang baru telah menjadi milik si pembelajar.

Reinforce – Berikan penguatan melalui umpan balik.  Hal ini berperan untuk mengoreksi apa yang salah dan menguatkan yang telah dikuasai, sehingga apa yang masuk pada ingatan jangka panjang merupakan pengetahuan yang telah terseleksi.

Rehearse – Lakukan pengulangan yang berfungsi agar pengetahuan masuk ke dalam ingatan jangka panjang.

Review –Lakukan pengolahan pengetahuan yang telah ada dalam ingatan jangka panjang untuk  melihat apakah pembelajar telah menguasai bahan dengan baik dan benar

Retrieve – Pilih penanda dan penolong ingatan agar bisa menggunakan kembali pengetahuan yang telah ada di ingatan jangka panjang. Kadang-kadang ada hal-hal yang bisa menghalangi usaha murid untuk mengingat kembali. Gunanya penanda dan penolong ingatan adalah untuk mengatasi hal ini.

 

Sumber: Buku How To Teach So Students Remember oleh Marilee Sprenger

You are here: Home Artikel 7 Strategi Agar Murid Dapat Mengingat Pelajaran