5 Cara Membuktikan Integritas Diri Bagi Seorang Pendidik

Cara Membuktikan Integritas Diri Bagi Seorang Pendidik - Les Privat Insan Cerdas

Pengertian Integritas

Integritas adalah Kesesuaian antara Hati, Ucapan dan Tindakan

Les Privat Insan Cerdas Integritas berasal dari kata Latin integer yang berarti utuh atau lengkap. Integritas adalah kesesuaian antara hati, ucapan dan tindakan atau kemampuan untuk senantiasa memegang teguh prinsip-prinsip moral secara konsisten. Dengan memiliki Integritas, seseorang akan konsistensi dalam tindakan, nilai, dan prinsip prinsip, yang diyakini.  Tidak mudah membuktikan integritas diri karena diperlukan konsistensi yang terus- menerus.

Integritas adalah Atribut Kunci Seorang Pemimpin

Integritas adalah salah satu atribut terpenting/kunci yang harus dimiliki seorang pemimpin, termasuk bagi pendidik. Orang berintegritas berarti memiliki pribadi yang jujur dan memiliki karakter kuat.

Cara Membuktikan Integritas

Sebagai pendidik, baik guru maupun orang tua, apa yang harus dilakukan untuk membuktikan integritas diri?

1. Konsisten antara Ucapan dan Tindakan

Integritas adalah kesesuaian antara hati, ucapan dan tindakan. Selaku pendidik, orang tua maupun guru sudah sepantasnya memberikan keteladanan dalam kebaikan kepada anak-anak didiknya. Tidak hanya bisa menyuruh saja, pendidik harus mampu menjalankan apa yang ia perintahkan kepada anak-anak didik, Kerjakan apa yang Anda katakan. Jangan menyuruh anak berbuat yang Anda sendiri tidak melakukannya. .

Keberhasilan Belajar Sejak SD Penting - 5 Cara Membuktikan Integritas Diri Bagi Seorang Pendidik

2. Selalu Berkata Jujur

Integritas adalah berlaku jujur terhadap diri sendiri dan orang lain. Jika Anda adalah seorang guru, dalam menghadapi suatu persoalan yang sulit, katakan bisa jika yakin, dan katakan kurang yakin bisa jika memang demikian. Jika anda melakukan kesalahan, jangan malu untuk meminta maaf dan mengakuinya. Hindari berbohong untuk menutupi kesalahan atau kekurangan diri

Quality Control System - 5 Cara Membuktikan Integritas Diri Bagi Seorang Pendidik

3. Tanggung Jawab

Bertanggung jawab atas segala ucapan dan tindakan adalah bagian dari integritas. Penuhi janji apabila berjanji. Komitmen terhadap tanggung jawab menunjukkan bahwa anda konsisten dan memiliki integritas.

Baca Juga:  Cari Tutor di Lokasimu

Sebagai pendidik, baik orang tua maupun guru, apa yang dilakukan tidak semata-mata dipertangungjawabkan kepada siswa ataupun lembaga, tetapi yang lebih penting dapat dipertanggungjawabkan kepada Tuhan. Setiap melaksanakan pekerjaan ada yang mengawasi meskipun tidak dilihat orang. Ingat, anda bertanggung jawab atas diri anda. Bila anda berbuat baik maka kebaikan akan kembali pada anda, sebaliknya bila anda berbuat buruk maka keburukan kembali kepada anda.

4. Mematuhi Peraturan dan Etika Organisasi

Dalam konteks organisasi, cara membuktikan integritas adalah dengan mematuhi peraturan merupakan salah satu cara menunjukkan integritas karena adanya rasa tanggung jawab terhadap pekerjaannya tersebut. Kepatuhan bukan hanya agar tidak mendapat sanksi, melainkan sebuah kesadaran yang menjadi sebuah tanggung jawab.

5. Menjaga Martabat Diri & Instansi

Cara membuktikan integritas adalah termasuk menjaga martabat diri dan instansi. Seorang guru les privat yang memiliki integritas tidak akan melakukan tindakan tercela dan menjaga nilai-nilai positif dalam dirinya demi menjaga martabat diri. Tidak hanya menjaga martabat diri, seorang guru yang memiliki integritas akan menjaga kehormatan instansi tempatnya bekerja. Guru yang berintegritas tidak akan membicarakan keburukan instansi dimana ia bekerja.

Guru Les Privat Berintegritas Tinggi

Annisa Dwi Hastuti (UNSIKA)

Superb Tutor Insan Cerdas. Berpengalaman mengajar selama 2 tahun. Sabar, bersahabat, ceria, humoris, Berpengalaman membimbing siswa hingga sukses UN SMP dan tembus SMA Unggulan, Berpengalaman…
Read More

Khairinisa Lestari (UI)

Berpengalaman mengajar selama 3 tahun. Sabar, bersahabat, ceria, menyukai dan disukai anak-anak, komunikatif, serius tapi santai, komitmen, perhatian, cerdas dan memiliki banyak soal-soal latihan tambahan.
Read More

Elsa Devita (UI)

Berpengalaman mengajar selama 8 bulan. Sabar, bersahabat, menyukai dan disukai anak-anak, komunikatif, serius tapi santai, perhatian, Kreatif, Mampu memotivasi anak, Cerdas, Memiliki banyak cara mudah…
Read More

Nurul Fatimah Hadiyanti (UI)

Berpengalaman mengajar selama 1 tahun. Bersahabat, ramah, pengertian dan simpatik. Sabar dan mampu memotivasi anak. Disiplin, komitmen dan integritas tinggi. Memiliki banyak cara mudah memahami…
Read More

Irwina Eka Deraya (UI)

Berpengalaman mengajar biologi (SMA) dan IPA (SD – SMP). Sabar, bersahabat, ceria, menyukai dan disukai anak-anak, komunikatif, serius tapi santai, disiplin, komitmen, mampu memotivasi anak…
Read More

Elis Nidaliana (UNJ)

Berpengalaman mengajar selama 1 tahun. Sabar, bersahabat, ceria, komunikatif, cerdas, memiliki banyak cara mudah memahami konsep dan asisten dosen di kampus.
Read More
Tentang Insan Cerdas - Bermula dari grup eksklusif alumni UI dan IPB sejak 2008, kini Insan Cerdas telah menjadi perusahaan les privat terkemuka dengan legalitas CV Insan Group dengan lebih dari 500 tutor yang bergabung.
Insan Cerdas
Latest posts by Insan Cerdas (see all)

5 Cara Membuktikan Integritas Diri Bagi Seorang Pendidik

Scroll to Top