Kiat-kiat Lulus Tes TOEFL dan Pentingnya Les Privat TOEFL Preparation, Kiat-kiat Lulus Tes TOEFL Terbaik, Les Privat TOEFL Preparation Terbaik Jakarta

Kiat-kiat Lulus Tes TOEFL dan Pentingnya Les Privat TOEFL Preparation

Jika saat ini kita sudah memasuki bangku perkuliahan Strata 1 (S1), maka mempersiapkan diri untuk tes kemampuan bahasa asing penting untuk dilakukan. Sebab salah satu syarat kelulusan hampir di semua universitas adalah kemampuan tes Bahasa Inggris yang disebut TOEFL. Jadi, alangkah lebih baik bila kita mempersiapkannya sejak dini mulai dengan cara menyukai Bahasa Inggris dan mengasahnya. Berikut adalah kiat-kiat agar kita bisa lulus tes TOEFL :

  1. Memahami TOEFL

TOEFL, seperti apakah kira-kira? Nah, bagi kita yang baru masuk bangku kuliah pasti masih asing dengan istilah tersebut, tak terkecuali tesnya. Untuk itu, tahap pertama yang perlu dilakukan adalah mengenali TOEFL itu sendiri.

TOEFL adalah Test Of English as a Foreign Language atau Tes Bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Tes ini dibuat oleh lembaga asli Amerika yaitu ETS atau Educational Testing Service. Gunanya tentu untuk mengetahui seberapa tingkat penguasaan orang asing terhadap Bahasa Inggris, sehingga hampir semua universitas di Amerika, Eropa, Australia mewajibkan semua mahasiswanya melalukan tes TOEFL tersebut. Di Indonesia, tes TOEFL ini juga dilakukan untuk mempersiapkan mahasiswa-mahasiswa yang cakap dan dapat mengikuti perkembangan zaman.

TOEFL pada perjalanannya telah berkembang atau berevolusi mulai dari PBT (Paper Based Test), CBT (Computer Based Test), ITP (Institutional Testing Program), IBT (Internet Based Test). Dari keempatnya, ada yang masih berlaku dan kadaluarsa. Untuk saat ini, jenis tes ITP dan IBT masih berlaku. Tes TOEFL ITP berlaku di dalam negeri atau tes Strata 1 (S1) dan beberapa negara di Asia saja.

Untuk tesnya seputar Listening, Structure, Reading, dan Listening. Sedangkan IBT bisa digunakan untuk tes syarat melanjutkan studi ke beberapa negara di Amerika, Eropa, dan Australia. Tesnya menguji 4 kemampuan bahasa asing, yaitu : Listening, Reading, Writing, dan Speaking.

  • Pilih tes TOEFL yang dibutuhkan

Setelah paham macam-macam TOEFL, saatnya untuk melihat apa yang kita butuhkan. Jika sebagai syarat kelulusan S1, TOEFL ITP saja sudah cukup. Namun, jika kita memiliki mimpi untuk melanjutkan studi ke luar negeri seperti Amerika, Inggris, atau Australia, maka lebih baik kita persiapkan TOEFL IBT yang diterima di negara-negara tersebut. Persiapkan diri sedini mungkin dengan belajar dari sekarang.

Baca Juga:  ULTICAMP UTBK SBMPTN 2020

Salah satu cara belajar bahasa adalah dengan mempraktekkannya serta memiliki partner yang mendukung. Dalam artian, memiliki teman untuk melakukan komunikasi dan memberi panduan.

  • Memilih cara belajar yang tepat

Untuk lulus tes, ada tahapan yang harus kita lakukan, yaitu belajar. Banyak sekali metode belajar Bahasa Inggris. Belajar Bahasa Inggris bisa dilakukan sendiri atau membangun kebiasaan seperti mendengarkan lagu, menonton film atau percakapan Bahasa Inggris.

Namun, jika kita kesulitan untuk melakukannya sendiri, maka lebih baik memilih metode les privat. Les privat TOEFL Preparation bisa dilakukan di lembaga bimbingan berkualitas yang bermula di Jabodetabek dan berkembang di berbagai kota besar seperti Insan Cerdas.

Dengan mengikuti les privat TOEFL Preparation, kita akan belajar bab-bab khusus TOEFL dengan tutor yang ahli di bidangnya. Belajar Bahasa Inggris dengan tutor yang tepat akan sangat membantu kita menguasai bahasa asing dengan baik.

  • Ambil jeda untuk menghindari stres

Saat sudah mendekati hari tes, saatnya kita untuk istirahat sejenak. Jangan menambah beban pikiran dengan bayang-banyang tes sehingga kita terlalu memforsir tenaga dan pikiran bahkan sampai pada hari-hari sebelum tes dilakukan. Karena itu akan menganggu kesiapan kita saat tes. Untuk itu lebih baik belajar dengan serius saat ini dan beristirhat saat mendekati hari ujian.

Gunakan waktu sebaik mungkin dengan memohon doa restu kepada orang tua dan dukungan dari orang-orang terdekat. Lakukan kegiatan yang membuat kita jauh dari stres berlebihan.

  • Lakukan tes dengan sungguh-sungguh

Persiapkan diri dengan baik, termasuk menyiapkan apa-apa yang diperlukan seperti kartu ujian atau yang lainnya. Lakukan tes dengan fokus dan jangan terburu-buru. Yakin dengan apa yang sudah kita pelajari dan jangan lupa berdoa kepada Tuhan sebelum memulai mengerjakan soalnya.

Baca Juga:  Latihan Soal Konjungsi dan Pembahasan

Pentingnya Les Privat TOEFL Preparation

Selain membekali diri dengan les privat bahasa asing, bila kita memiliki tujuan tertentu terutama untuk melanjutkan studi, maka les privat TOEFL Preparation penting untuk dilakukan.  Ia akan berjalan beriringan dengan kemampuan kita memahami bahasa asing. Dari sisi akademik, akan lebih menguatkan kemampuan berbahasa asing kita.

TOEFL Preparation akan membuat kita lebih siap dan tidak tergopoh-gopoh saat benar-benar membutuhkan tes TOEFL.  Rasa percaya diri dan mental akan lebih siap, sehingga pada akhirnya benar-benar mempengaruhi hasil.

Mempersiapkan mental tersebut bisa dimulai dengan memilih les TOEFL Preparation yang tepat. Untuk yang merasa sulit beradaptasi dengan suasana kelas yang terlalu riuh dan kurang fokus pada perkembangan orang per orang, les privat dapat menjadi solusi.

Les privat TOEFL Preparation akan membantu menguasai materi dan penyelesaian soal dengan cepat. Dipandu intensif oleh tutor bermutu dan berpengalaman, kita dapat berkonsultasi sesuai kebutuhan dan bahkan menceritakan detil kesulitan yang selama ini masih dirasakan. Tentu, ini tidak bisa didapatkan pada les TOEFL Preparation secara umum atau non privat.

Tak perlu khawatir juga dengan progress sebelum benar-benar siap memasuki waktu tes, ada Appleberries yaitu aplikasi absensi les privat yang memiliki fitur lengkap terintegrasi terdiri dari attendance, billing, payroll, dan student report.

Student report berisi jumlah kehadiran, pencapaian, analisa kesulitan siswa, dan progress pembahasan materi esensial.

Kemampuan yang diujikan dalam TOEFL Preparation akan benar-benar di-drill satu persatu sampai benar-benar menguasai. Ketika siswa merasa memerlukan pengulangan dan membutuhkan jam tambahan, maka bisa dilakukan request untuk overtime dan semuanya akan terekam dengan baik melalui sistem aplikasinya.

Tak cuma drilling soal semata, tutor di Insan Cerdas juga dikenal sangat komunikatif dan profesional. Jauh dari bayangan les privat yang membosankan atau kaku. Karakter tutor boleh memilih sesuai selera dan dilakukan sampai benar-benar cocok. Kita boleh melakukan penggantian sampai benar-benar mendapatkan yang sesuai dengan karakter kita.

Baca Juga:  Profil Tutor

Jadi, tutor yang nyaman dan sistem yang profesional tentu akan membuat proses belajar terasa mengalir, menyenangkan, serta apa yang disampaikan pun dapat tertangkap dengan jelas. Sebelum benar-benar memulai tes TOEFL yang sesungguhnya, kita bis amengikuti try out terlebih dulu untuk mengukur kemampuan dan mengevaluasinya. Saat semuanya sudah siap dan jadwal dirasa pas dengan kebutuhan, barulah kita mengikuti tes TOEFL yang sebenarnya. Buang jauh-jauh image les privat yang kurang disiplin atau yang lainnya, karena Insan Cerdas dengan pengalamannya sejak 2008 sudah terpercaya mendidik ratusan siswa yang berhasil menembus perguruan tinggi berkualitas dengan kemampuan bahasa asing yang mumpuni. Apalagi, kelebihannya dalam hal inovasi teknologi lewat aplikasi yang dikembangkan mampu membuatnya memiliki ciri khas profesional.

Insan Cerdas
Scroll to Top