Metode SCHEMA

Kami menyadari bahwa yang dibutuhkan oleh sebagian besar siswa bukanlah materi tambahan baru, melainkan penuntasan materi pelajaran sekolah yang belum dipahami oleh siswa.

Oleh karena itu, walaupun modul les privat sudah tersedia di Insan Cerdas, kami tidak mewajibkan penggunaan modul dalam proses pembelajaran. Kami mengutamakan buku siswa dan membantunya untuk kesulitan pelajarannya di sekolah.

Siswa dapat menggunakan bukunya di sekolah untuk dijelaskan ulang konsep-konsep yang belum dipahami, dibimbing latihan-latihan soalnya, dibimbing PR-nya, dibantu persiapan ujiannya, serta dibahas hasil ujiannya. Materi les privat di Insan Cerdas flexible mengikuti sekolah siswa.

Namun, berdasarkan pengalaman kami, tidak semua siswa memahami apa saja materi yang perlu dibahas pada pertemuan les. Siswa perlu memahami seluruh materi esensial karena materi esensial merupakan materi inti, pokok yang harus dipahami dan tidak boleh diabaikan.

Apa itu Metode SCHEMA?

Metode SCHEMA (Standardized Checklist of Essential Materials) adalah metode yang dikembangkan dan diterapkan oleh Insan Cerdas agar les privat bisa flexible sesuai pelajaran di sekolah namun tetap termonitor materi esensialnya.

Lembar SCHEMA terdiri dari checklist-checklist materi esensial yang bersumber dari Kurtilas edisi revisi serta kisi-kisi ujian tahun-tahun sebelumnya. Setiap bulan Guru Les Privat Insan Cerdas akan menyampaikan apa saja pencapaian materi esensial yang telah dibahas saat les.

Mengapa Perlu ada Checklist Materi Esensial?

Kebutuhan Fleksibilitas

Proses les privat bersifat flexible menyesuaikan pelajaran di sekolah. Tutor Les Private harus mengakomodir permintaan murid jika murid menginginkan pembahasan materi yg blm dipahaminya. Namun, tdk semua murid mengetahui apa saja materi esensial yg perlu dipahaminya krn terkadang murid hanya berkutat pada kebutuhan menyelesaikan tugas/PR di sekolah yg minta dibahas pada pertemuan les privat. Hal ini berisiko terdapat materi esensial yg pada akhirnya menjadi tdk sempat dibahas pada pertemuan les privat akibat banyaknya permintaan pembahasan yg tdk fokus pada materi esensial. Akibatnya nilai akhir anak berisiko menjadi kurang memuaskan.

Adanya Mekanisme Ujian Universal

Materi esensial bersifat universal bagi semua sekolah yg menggunakan kurikulum yg sama. Hal inilah yg memungkinkan diberlakukannya Ujian Nasional SD, SMP dan SMA, Ujian SBMPTN dan Ujian SIMAK UI, bahkan ujian internasional seperti IB School.
Oleh karena itu, apapun sekolah murid, murid harus memahami semua materi esensial karena pada akhirnya ujian yg dihadapi sifatnya bersifat universal, tdk bergantung pd ujian atau tes di sekolah saja.

Panduan Guru

Tidak semua guru memiliki kemampuan utk membuat perencanaan yg matang mengenai rencana pembelajaran selama proses les privat. Checklist Materi Esensial membantu guru utk fokus pada pembahasan seluruh materi esensial yg penting dipahami anak.

Evaluasi dan Kontrol

Checklist Materi Esensial menjadi penting sebagai tools dalam mengukur efektivitas kegiatan les privat. Hal ini penting untuk evaluasi dan kontrol untuk mencegah hasil akhir anak yg tidak memuaskan. Evaluasi dan kontrol dilakukan setiap bulan selama program les privat berlangsung.

Rekomendasi Guru Les Privat

Mau Uang Tambahan Jutaan Tiap Bulan? Gabung Insan Cerdas!

Jihan Fauz Maulida (UI)

Berpengalaman mengajar selama 2 tahun. Sabar, bersahabat, ceria, humoris, menyukai dan disukai anak-anak, komunikatif, serius tapi santai, disiplin, cerdas, memiliki banyak cara mudah memahami konsep,…
Read More

Muhammad Fikri Khadafi (UIN)

Berpengalaman mengajar selama 1 tahun 2 bulan. Sabar, bersahabat, ceria, humoris, menyukai dan disukai anak-anak, komunikatif, serius tapi santai, disiplin, cerdas, memiliki banyak cara mudah…
Read More

Vicho Afrianto (IPB)

Mahasiswa jurusan Matematika, IPB. Berpengalaman mengajar selama 3 bulan. Sabar, bersahabat, humoris, komunikatif, serius tapi santai, disiplin, cerdas, memiliki banyak cara mudah memahami konsep dan…
Read More

Gabriela Yori (Unpad)

Berpengalaman mengajar selama 13 tahun. Sabar, bersahabat, ceria, menyukai dan disukai anak-anak, komunikatif, serius tapi santai, komitmen, perhatian dan mampu memotivasi anak.
Read More

Albi Erlangga Aryatama (UI)

Alumni lulusan Teknik Metalurgi dan Material, Universitas Indonesia. Sabar, bersahabat, ceria, menyukai dan disukai anak-anak, komunikatif, serius tapi santai, disiplin, komitmen, perhatian, mampu memotivasi anak,…
Read More

Angga Yudo Prasetiyo (IPB)

Berpengalaman mengajar selama 8 tahun. Sabar, bersahabat, ceria, humoris, komunikatif, disiplin, cerdas, memiliki banyak cara mudah memahami konsep, memiliki banyak trik menjawab soal, memiliki banyak…
Read More

Insan Cerdas

Metode SCHEMA

Scroll to Top