Sistem Kendali Mutu

Sistem Kendali Mutu Insan Cerdas adalah kebijakan dan prosedur Insan Cerdas untuk menjaga dan memelihara tingkat kualitas jasa les privat di Insan Cerdas. 

Untuk dapat memberikan jasa les privat yang bagus dan berkualitas, tidak hanya tutornya yang harus berkualitas, tetapi juga manajemen tutornya harus mendukung. Dengan dipagari oleh sistem kendali mutu INSAN Cerdas, kami yakin dapat membawa anak pada kemajuan positif. 

1. Sistem Absensi Realtime: APPLEBERRIES

Insan Cerdas mengembangkan APPLEBERRIES – Aplikasi kehadiran Insan Cerdas yang terintegrasi dengan sistem payroll tutor dan billing pelanggan Insan Cerdas.

Absensi kehadiran dilakukan melalui aplikasi mobile dengan bukti foto selfie di lokasi siswa. Orang tua dapat mengetahui detail waktu kehadiran tutor secara real time darimana saja melalui perangkat mobile maupun komputer.

Insan Cerdas sangat peduli akan kebutuhan guru yang disiplin. Kami percaya bahwa siswa tidak hanya memerlukan guru yang cerdas tetapi juga guru yang selalu hadir saat dibutuhkan. Tim pengelola siap mengirimkan Guru Les Privat Insan Cerdas yang tidak hanya cerdas tetapi juga disiplin dan tepat waktu.

Reminder Jadwal Les Setiap Pertemuan & Evaluasi Harian

Tidak hanya sistem absensi yang mendukung, pengelola juga selalu mengirim reminder jadwal les baik kepada tutor maupun siswa.

Pada H+1 kami juga melakukan evaluasi kehadiran apakah sudah sesuai dengan jadwal dan apakah kehadiran tutor sudah tepat waktu atau belum.

Kami berharap dukungan penuh dari tim pengelola Insan Cerdas ini dapat membantu agar les privat berjalan tertib, disiplin dan optimal.

2. Metode SCHEMA

Kami mengutamakan buku siswa dan membantunya untuk kesulitan pelajarannya di sekolah.

Kami menyadari bahwa yang dibutuhkan oleh sebagian besar siswa bukanlah materi tambahan baru, melainkan penuntasan materi pelajaran sekolah yang belum dipahami oleh siswa. Oleh karena itu, walaupun modul les privat sudah tersedia, kami tidak mewajibkan penggunaan modul dalam proses pembelajaran.

Baca Juga:  Monitoring Kemajuan

Siswa dapat menggunakan bukunya di sekolah untuk dijelaskan ulang konsep-konsep yang belum dipahami, dibimbing latihan-latihan soalnya, dibimbing PR-nya, dibantu persiapan ujiannya, serta dibahas hasil ujiannya. Materi les privat di Insan Cerdas flexible mengikuti sekolah siswa.

Namun, berdasarkan pengalaman kami, tidak semua siswa memahami apa saja materi yang perlu dibahas pada pertemuan les. Siswa perlu memahami seluruh materi esensial karena materi esensial merupakan materi inti, pokok yang harus dipahami dan tidak boleh diabaikan.

Metode SCHEMA (Standardized Checklist of Essential Materials) adalah metode yang dikembangkan dan diterapkan oleh Insan Cerdas agar les privat bisa flexible sesuai pelajaran di sekolah namun tetap termonitor materi esensialnya.

Lembar SCHEMA terdiri dari checklist-checklist materi esensial yang bersumber dari Kurtilas edisi revisi serta kisi-kisi ujian tahun-tahun sebelumnya. Setiap bulan Guru Les Privat Insan Cerdas akan menyampaikan apa saja pencapaian materi esensial yang telah dibahas saat les.

3. SOP yang Ketat

Kami memiliki serangkaian Standar Operasional Prosedur yang diterapkan kepada tim tutor untuk memastikan bahwa tutor kami menjalankan tugasnya dengan baik.

SOP itu diantaranya adalah :

  • Tutor harus memenuhi jadwal yang sudah disepakati di awal. Jika tutor berhalangan, pembatalan maupun reschedule harus dilakukan paling lambat H-1 dan tidak boleh mendadak.
  • Tutor harus menyiapkan materi yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa (modul juga tersedia jika diperlukan).
  • Tutor juga harus tertib melakukan absensi, yaitu check-in dan check-out saat di rumah siswa dan harus menggenapkan durasi les. Jika durasi kurang karena tutor terlambat, maka kekurangan durasinya diganti pada pertemuan berikutnya atau jika tidak diganti kekurangannya maka fee dikurangi secara proporsional.
  • Tutor juga harus memonitor materi yang perlu dipelajari pada Lembar SCHEMA yang telah disiapkan.
  • Tutor juga harus melakukan evaluasi bulanan dan menganalisa pencapaian belajar serta kesulitan yang dialami siswa.

4. Proses Assignment Tutor yang Ketat

Selain proses recruitment tutor, proses assignment tutor di Insan Cerdas juga berperan penting untuk memastikan bahwa tutor berkualitas kami sesuai dengan kebutuhan siswa.

Pada saat mendaftar, kami selalu mengajukan beberapa pertanyaan singkat untuk mengetahui kebutuhan siswa dan sebagai pertimbangan kami dalam memilih tutor.

Baca Juga:  Profil Tutor

Harapannya, tutor yang akan kami tugaskan tidak hanya cocok dari segi lokasi, waktu dan kemampuan mengajar, tetapi juga cocok dari sisi karakternya, yaitu sesuai kebutuhan siswa.

Bahkan, jika setelah dicoba juga ternyata kurang cocok, siswa dan orang tua dapat meminta pergantian tutor kapan saja,

5. Monitoring Materi Esensial dan Kemajuan Siswa

Kami selalu memonitor perkembangan anak dan memiliki upaya strategik dalam menghadapi setiap kesulitan anak, Laporan pencapaian siswa diterbitkan setiap bulan dan diakses melalui akun Appleberries.

Insan Cerdas

Sistem Kendali Mutu

Scroll to Top